Dapatkah Anda menebak nilai kekayaan seorang Zaha Hadid? - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

Dapatkah Anda menebak nilai kekayaan seorang Zaha Hadid?

Konon nilai kekayaan arsitek Inggris asal Irak ini mencapai angka fantastis £70 juta, dan £500,000 dari jumlah tersebut telah dihibahkan pada direktur kontroversial ZHA, Patrick Schumacher.



BY Editor

14 March, 2017


Berpulangnya Zaha Hadid telah meninggalkan duka di dunia profesi. Lebih dari sekedar katalog proyek-proyek ambisius, dokumen yang didapat aleh majalah Architect’s Journal baru-baru ini telah menyebutkan angka kekayaan arsitek almarhum ini.

Saat ia meninggal, kekayaan arsitek ternama ini ditaksir mencapai £70.8 juta, yang dikurangi jumlah hutang sebanyak £3 juta. Diantara para pewaris Zaha adalah seniman Brian Clarke, keponakan almarhum Rana Hadid, mantan chairman Serpentine Gallery Peter Palumbo dan direktur ZHA yang provokatif Patrick Schumacker, yang telah dihibahi warisan senilai £500.000.

Patrick Schumaker telah menjadi seorang figur penuh kontroversi selepas penampilannya di ajang World Architecture Festival 2016. Komentar Schumacher yang seolah mendukung dihapuskannya perumahan umum dan ruang publik di London telah mengundang badai kritik, termasuk dari tim arsiteknya sendiri.

Kantor arsitektur Schumaker bahkan telah mempublikasi sebuah pernyataan yang mengecam pendapatnya, “Manifesto kebijakan urban Patrick Schumacher bukanlah refleksi praktek aristektur Zaha Hadid di masa lalu maupun masa depan,” ujar surat terbuka yang ditanda tangani atas nama kantor ZHA.

Rana Hadid, Brian Clarke dan Peter Palumbo juga telah mengambil posisi yang berseberangan dengan Schumacher, dan mengeluarkan pernyataan bahwa, “Pendapat yang dikemukakan oleh Patrick Schumacher tentang penutupan sekolah-sekolah seni rupa, penghentian perumahan umum dan pembangunan di Hyde Park adalah pendapat pribadi dan sama sekali tidak mewakili pendapat kami.”

Zaha Hadid Foundation, perusahaan-perusahaan peninggalan sang arsitek serta anggota-anggota keluarga merupakan pewaris Zaha selebihnya.