3 Tren di Red Dot | Indesignlive IndonesiaIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

3 Tren Utama di Red Dot Award: Product Design 2018

Para pemenang kompetisi tahun ini telah terpilih, dan kini saat menanti upacara pemberian penghargaan, Red Dot telah menunjukkan tren utama yang muncul dari ajang kompetisi tersebut.

  • Para juri Prof. Jure Miklav, Prof. Song Kee Hong dan NilsToft di sesi penjurian

  • Sesi penjurian

  • Para juri tengah menguji coba entri. Kiri: Martin Darbyshire menguji coba Alfa Romeo Giulia. Kanan: Adriana Monk menguji Beet Harvester (pemanen bit)

  • Para juri Thomas Lockwood dan Robin Edman



BY Editor

16 April, 2018


Apa yang membuat suatu produk dapat memenangkan pengharga prestisius dari  Red Dot Award: Product Design? “Sangat kompleks untuk menjadi sukses seiring produk-produk menjadi kian terkait dengan ambisi-ambisi emosional dan aspirasional kita,” ujar juri Red Dot dan design strategist Michael Thomson.

Dapat dibayangkan bagaimana sulitnya tugas para juri. Tahun ini mereka telah menilai 6.300 entri dari para perusahaan dan desainer di 59 negara untuk memilih 69 pemenang pengharhaan ‘Red Dot: Best of the Best’. Tanda bahwa kualitas tinggi dari para entri tahun ini adalah mereka memberikan 1,684 penghargaan ‘Red Dot’ disamping 45 honourable mentions. Apa yang mereka temukan? Inilah tiga tren utama dan sneak peek beberapa pemenang.

 

1. Penekanan Terhadap Kualitas

Thomson mencatat variasi yang lebih luar dari kategori penghargaan dan peningkatan tingkat kualitasnya. Sesama anggota juri Thomas Lockwood, seorang influencer di bidang inovasi, melihat peningkatan kualitas sebagai pertanda bahwa para perusahaan semakin mendefinisikan desain yang baik sebagai faktor sukses untuk bertahan di pasar.

Pemenang penghargaan  ‘Best of the Best’  TAG Heuer Connected Modular 45 Luxury Kit telah membuat para juri terkesan dengan desain moduler, yang menjadikan komponen jam ini dapat diganti-ganti.

 

2. Penggunaan Produk Smart yang Intuitif

Di kategori ‘Smart Home’ field, para juri mencatat bagaimana teknologi menjadi semakin tak terlihat dan cara kita menggunakan produk pun semakin intuitif.

Sebagai contohnya, salah satu pemenang ‘Best of the Best’ adalah Google Home – sebuah speaker smart yang juga berfungsi sebagai asisten pribadi digital untuk membantu tugas sehari-hari. Produk ini tidak memiliki tombol namun ia dioperasikan via touchscreen yang tersembunyi. Penggunaan kain membuat teknologi dapat melebur dan tersamar.

 

 

3. Material-Material Inovatif dan Sustainable

Banyak produk pemenang penghargaan memiliki kombinasi material yang inovatif dan sustainanle. Contohnya saja pemenang ‘Best of the Best’ Kaffeeform Material yang didesain oleh Julian Lechner dan dikirim ke kompetisi dalam bentuk cangkir kopi yang benar-benar terbuat dari ampas kopi. Material ini bersifat karbon netral dan dapat didaur ulang. Ia juga dapat menjadi alternatif yang bauk untuk menggantikan bahan mentah berbasis petroleum.

“Kita berbicara tentang sebuah produk yang terlalu sering kita gunakan dalam waktu yang terlalu singkat jika ia terbuat dari plastik. Dengan produk terobosan seperti cangkir kopi ekologis ini, kita tengah melangkah ke arah yang tepat,” jelas ahli material and anggota juri Katrin de Louw.

 

 

Siapa lagi yang menjadi pemenang penghargaan ‘Best of the Best’ tahun ini? Red Dot hanya memberikan sedikit nama sebelum upacara penghargaan tanggal 9 Juli nanti di Aaltp-Theather di Essen, Jerman. Dan nama-nama ini mencakup Bulgari, Canyon Bicyles, Ferrari, Lenovo, LG, Philips, Porsche, Sony dan Veryday. Dengan nama-nama sekaliber ini, produk-produk pemenang ini pastilah sangat menegesankan. Nantikan pengumumannya!