Masih Ada Waktu untuk Ajang Red Dot Awards: Design Concept 2017! - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

Masih Ada Waktu untuk Ajang Red Dot Awards: Design Concept 2017!

Masa penerimaan karya untuk Red Dot Award: Design Concept, ajang penghargaan konsep design profesional di dunia, akan ditutup pada 24 mei 2017.

  • F 015 karya Mercedes-Benz

  • ILY-I karya Aisin Seiki and Studio I.T.O.

  • PAPIER – MACHINE karya ENSCI – Les Ateliers

  • Google Self Driving Car, pemenang Red Dot: Luminary 2016

  • esigners at Google Yoojung Ahn and Jared Gross accepting Red Dot: Luminary



BY Editor

19 May, 2017


Konsep desain hari ini adalah produk-produk masa depan. Red Dot Award: Design Concept adalah ajang penghargaan desain yang dimulai tahun 2005 sebagai wadah untuk mengenali dan memberikan penghargaan kepada konsep desain dan innovasi terbaik. Ajang penghargaan ini memiliki visi bahwa suatu konsep desain layak untuk dinilai tanpa pandang bulu dan tanpa membedakan antara entri yang dikirimkan oleh mahasiswa atau praktisi profesional.

Semua entri yang memnuhi syarat akan dinilai oleh juri pilihan secara anonim, tanpa nama atau identitas korporat. Saat ini, Red Dot Award: Design Concept adalah ajang kompetisi terbesar di dunia untuk konsep desain dan prototipe.

Tahun lalu, ajang penghargaa ini memberikan penghargaan kepada 340 konsep desain dari 30 kategori. TTerdapat empat jenis penghargaan yang diberikan kepada konsep-konsep desain terbaik - Honourable Mention, Red Dot, Red Dot: Best of the Best (untuk konsep pemenang di tiap kategori), dan Red Dot: Luminary (penghargaan tertinggi yang diberikan kepada satu konsep desain terbaik dari para pemenang Red Dot: Best of the Best).

Pemenang Red Dot: Luminary tahun 2016 adalah Google Self-Driving Car (sekarang di-rebrand dengan nama Waymo). Mobil tanpa supir ini dikemudikan cukup dengan menekan tombol dan ia menavigasi lingkungan sekitarnya melalui sejumlah kamera dan sensor yang tersebar di eksterior badannya. Hasilnya, mobil ini tidak membutuhkan fungsi-fungsi konvensiona yang dibutuhkan oleh pengendara. Nominasi-nominasi Lumnary lainnya adalah ILY-I, kursi berteknologi pintar dari Aisin Seiki dan Studio I.T.O;  PAPIER – MACHINE, sebuah buku dengan 12 mainan yang terbuat dari kertas karya ENSCI – Les Ateliers; dan F 015 Luxury in Motion, sebuah mobil pintar hasil riset Mercedes-Benz.

Tahun ini, entri yang memenuhi syarat akan dinilai oleh tidak kurang dari 20 praktisioner desain dan akademisi internasional. Keberagam kultural dari para juri ini akan menyediakan penilaian yang adil dan seimbang yang mencerminkan standar global industri ini.

Periode pengiriman karya untuk Red Dot Award: Design Concept 2017 akan ditutup hari Rabu depan, 24 Mei 2017. Upacara pemberian penghargaan bagi entri terpilih akan diadakan pada 5 Oktober 2017 di Singapura. Konsep-konsep pemenang akan dipamerkan di Red Dot Museum Singapura dan online di situs Red Dot dari 6 Oktober 2017.

Kunjungi red-dot.sg untuk informasi lebih lanjut.