FINDING DESIGN INSPIRATION IN SINGAPORE - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

FINDING DESIGN INSPIRATION IN SINGAPORE

Lima tokoh terkemuka dalam industri desain dari Indonesia bergabung dalam pe jalanan menyaksikan Singapore Design Week 2015 serta tempat menarik lainnya di sekitar kota



BY Editor

3 June, 2015


Singapura selalu menjadi tempat di mana desainer dan arsitek dapat menemukan banyak referensi dan inspirasi. Sebagai pusat, negara ini telah menjadi magnet bagi orang-orang dari seluruh dunia. Singapore Design Week 2015 sebagai festival desain memiliki banyak hal yang ditawarkan kepada semua kelompok dan masyarakat desain. Bukan hanya untuk desain, tetapi ini adalah waktu yang tepat untuk bertemu sesama desainer, arsitek, dan produsen dari seluruh dunia dalam satu semangat: untuk menyelenggarakan desain. Ini adalah alasan mengapa Singapore Tourism board mengatur perjalanan ke Singapura dan mengundang lima tokoh terkemuka di industri desain Indonesia untuk datang dan bergabung dalam perjalanan tersebut.

Cosmas D. Gozali (arsitek), Luthfi Hasan (desainer), Henny Haryanto (desainer interior), Lim Masulin (designer and manufacturer), dan Samudra Hendra (pebisnis perhotelan) bergabung dalam perjalanan ke berbagai tempat di Singapura, yang memiliki keunikan tertentu untuk kreativitas mereka. Tempat tujuannya seperti Deck Art Space, National Design Centre, Marina Bay Sands, dan Singapore Expo, di mana Maison&Objet Asia dan Internasional Furniture Fair Singapore diadakan, serta perpustakaan di Orchard adalah hot spot selama Singapore Design Week 2015 dengan banyak hal yang dapat dilihat dan banyak program yang diikuti.

FINDING DESIGN INSPIRATION IN SINGAPORE 2

Para delegasi datang dari latar belakang dan lingkungan yang berbeda. Cosmas D. Gozali adalah arsitek terkenal dan principal dari Atelier Cosmas Gozali, yang dikenal dengan fungsi-mendedikasikan desain modern dengan sentuhan kreativitas. Lim Masulin adalah orang di balik Byo Living; mengkhususkan diri pada proyek-proyek, terutama perkembangan real estate, hotel, dan proyek f&b, berperan sebagai solution partner dengan pemilik, arsitek, desainer interior, dan pengembang properti untuk menghasilkan suasana yang unik serta sangat fungsional berdasarkan desain yang inovatif dan aplikasi teknik tenun (di luar dari outdoor furniture designer).

Delegasi lainnya adalah Luthfi Hasan seorang desainer kursi, yang mengkhususkan diri mendesain kursi abad pertengahan. Konsultan desain interior untuk perumahan, kantor, dan ruang publik. Ia juga blogger, dan communications and social media specialist. Henny Haryanto adalah seorang desainer interior di balik Assa Design, sebuah perusahaan desain yang berbasis di Surabaya. Ia juga mengelola bengkel produksi mebel untuk memenuhi desain dan banyak proyek di wilayah tersebut. Sementara Samudra Hendra adalah pebisnis perhotelan di bawah MPHG dengan merek Maxone Hotel.

Perjalanan tiga hari dua malam di Singapura menjadi pengalaman yang menarik bagi mereka semua, meskipun ini bukan pertama kalinya mereka melihat desain di Singapura. Delegasi seperti Cosmas D. Gozali dan Henny Haryanto sebenarnya memiliki pengalaman hidup di Singapura, tapi dalam perjalanan ini tetap banyak hal yang dilihat, inspiratif, dan menarik. “Saya merasa tertantang setelah kami melihat begitu banyak hal kreatif selama perjalanan. Di penghujung hari, saya merasa sulit tidur untuk mencerna semua inspirasi,” kata Henny.

FINDING DESIGN INSPIRATION IN SINGAPORE 3

Mengunjungi pameran perdagangan seperti Maison & Objet Asia 2015 dan IFFS 2015 juga inspirasi bagi desainer seperti Luthfi Hasan dan Lim Masulin Mereka belajar tentang produk di pasar saat ini dan juga melihat bagaimana orang mengembangkan bisnis dari desain produk mereka. Highlight lainnya dalam perjalanan ini adalah Singaplural 2015. Singaplural tahun ini berbeda karena acara yang mereka selenggarakan berada di satu lokasi, eks kantor polisi BeachRoad. Ada ratusan instalasi dengan cakupan luas dari desain, mulai dari arsitektur, interior, produk, fashion, kain, kerajinan, dan bahkan desain grafis.

Selama perjalanan, para delegasi juga mengunjungi beberapa restoran dan tempat dengan inspirasi desain menarik. Hal ini memberikan mereka inspirasi untuk percaya diri memilih Singapura dan mengambil keuntungan dari acara di bawah naungan Singapore Design Week, dan berbagai penawaran liburan di Singapura, untuk melakukan pertemuan bisnis atau kegiatan perusahaan. Perjalanan yang diakhiri dengan perjalanan kapal pesiar di sekitar pulaupulau terdekat memberikan pengalaman betapa mengesankan dan menariknya Singapura. [Teks: SS]