A Hundred One Six - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

A Hundred One Six

Raksasa manufaktur furnitur desainer yang didirikan di Jerman dan sekarang bermarkas di Swiss, Vitra, menggelar pameran Vitra 100 Chairs di Jakarta September 2011 lalu.



BY Editor

11 August, 2014


Raksasa manufaktur furnitur desainer yang didirikan di Jerman dan sekarang bermarkas di Swiss, Vitra, menggelar pameran Vitra 100 Chairs di Jakarta September 2011 lalu. Pameran yang sebelumnya pernah diselenggarakan di Eropa dan Amerika Utara ini memamerkan 100 kursi bersejarah karya desainer-desainer terkemuka dunia. Memang tidak seluruh dari seratus kursi ini dipegang lisensinya oleh Vitra namun semua merupakan koleksi Vitra Design Museum. Dan tujuan pameran ini memang bukan mempromosikan perusahaan Vitra melainkan kepedulian Vitra terhadap sejarah desain furnitur.

a hundred one six 1

Tempat penyelenggaraan yang dipilih adalah Galeri Kemang89 yang masih gress. Pameran ini berada di lantai dasar dari gedung berlantai lima yang merupakan karya terbaru dari arsitek gaek Tan Tjiang Ay. SebelumnAnda mengingat-ingat apakah ada galeri di daerah Kemang dengan luasan yang dapat menampung seratus benda pamer dalam satu lantai, seratus kursi bersejarah ini bukanlah dalam ukuran sebenarnya melainkan model dengan skala perbandingan 1:6 dari aslinya.

Terdapat pula beberapa model dengan skala 1:1 (yang tentu saja merupakan model-model yang dipegang lisensinya oleh Vitra) yang dapat dicoba pengunjung pameran yang ingin menduduki atau berpose. Miniatur kursi-kursi yang ditampilkan sendiri dipajang secara kronologis dari akhir abad 19 hingga awal abad 21 dengan nama-nama desainer (yang kebanyakan juga seorang arsitek) yang dipajang pada tiap model. Pelaku dan pemerhati, namun terutama penggemar, desain furnitur menemukan kesenangan tersendiri dalam menguji seberapa besar pengetahuan mereka dalam mengenali desain kursi-kursi bersejarah ini, yang kadang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari namun tidak terungkap atau disadari sejarah perancangannya.