AMBIENTE 2014 - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

AMBIENTE 2014

Menggandeng Jepang sebagai partner negaranya, Ambiente tahun ini meraih sukses besar.



BY Editor

14 April, 2014


Dengan Messe Frankfurt sebagai event organizer, Ambiente 2014 kembali digelar ke khalayak umum untuk tidak hanya sekadar membeli, namun juga menikmati serta mentransfer berbagai ide akan perkembangan dunia desain produk di dunia. Lebih dari 4.724 peserta pameran dari 89 negara di seluruh dunia mempersembahkan ragam produk serta inovasi terkini pada gala Ambiente 2014 di Frankfurt, Jerman. Ambiente belum pernah menjadi sepenting dan seinternasional ini. “Tentunya kesuksesan ini menjadi sebuah bukti kuat untuk posisi kepemimpinan serta image Ambiente di mata dunia sebagai pameran perdagangan terdepan dengan target pasar Iklim ekonomi yang positif di Jerman serta bangkitnya perekonomian dunia telah memberikan dorongan substansial,” kata Detlef Braun, selaku anggota Dewan Manajemen Messe Frankfurt GmbH.

Setelah Denmark dan Prancis bergabung menjadi tamu kehormatan pada perhelatan sebelumnya, kali ini Ambiente merengkuh ke daratan Asia, dan pilihannya jatuh kepada negara yang identik dengan teknologi tinggi namun memiliki identitas budaya yang kuat, Jepang. Hal ini diperkuat oleh pernyataan perwakilan dari pemerintahan Jerman yang mengatakan bahwa Ambiente tidak hanya untuk kepentingan perdagangan komersial, namun juga sebagai wadah bertukar kebudayaan. Menurutnya dengan begitu tidak hanya memperkaya intelektualitasan masing-masing Negara namun juga mempromosikan hasil karya negara masing-masing.

Desain-desain dari Jepang menjadi sangat populer belakangan ini di Jerman. Selain itu, Ambiente menghadirkan rangkaian acara, berbagai program pendukung kreativitas anak muda, pertunjukan tren, serta acara penghargaan. Dengan program yang komprehensif, pameran tersebut menawarkan inspirasi dan informasi tentang gaya hidup, kreativitas, dan desain dari negara MatahariTerbit. Acara puncak dari program ini adalah Country Day Partner di mana professor sekaligus desainer ternama asal Jepang, Yukio Hashimoto, selaku Ambassador dari proyek Partner Country Ambiente 2014, akan berbicara mengenai seluk beluk desain asal Jepang.

Kerja sama antarnegara ini pun terus dipertahankan Ambiente, untuk tahun depan, negeri Paman Sam yang mendapat giliran.

ambiente.messefrankfurt.com

The Modern Hookah

ambiente 2

Christian Zanzotti, seorang desainer kelahiran Italia memberikan wajah baru bergaya modern kontemporer pada alat isap Shisha yang dirancangnya untuk IOOI. Desainer yang saat ini berbasis di Munich, Jerman, baru-baru ini dinobatkan sebagai pemenang German Design Awards 2014 untuk kategori Newcomer.

thousandandone.org

’Super Ennichi’

ambiente 1

Instalasi yang dikurasi oleh representative desain dari Jepang, Yukio Hashimoto, ini menekankan aspek kehidupan serta hiburan dari budaya Jepang. Oleh karena itu beragam produk serta teknik tradisional akan dihadirkan dengan macam-macam warna yang akan menarik para pengunjung. Setiap harinya ada demonstrasi langsung tentang Japanese Art dalam hidup sehari-hari, seperti origami, teknik membungkus dengan furoshiki, dan lain sebagainya.

ambiente.messefrankfurt.com