FUSE #06 - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

FUSE #06

Telah diakui dan dipahami secara luas bahwa pencahayaan sebuah interior ruang memberikan dampak besar terhadap apa yang dirasakan penghuni ruangnya.



BY Editor

12 June, 2014


Telah diakui dan dipahami secara luas bahwa pencahayaan sebuah interior ruang memberikan dampak besar terhadap apa yang dirasakan penghuni ruangnya.

Dalam edisi FUSE Indesign kali ini, editor pencahayaan André Tammes berbicara tentang alternatif utama dalam metode pencahayaan—penggunaan permukaan vertikal yang membungkus serta mendefinisikan sebuah ruang sebagai reflektor cahaya.

FUSE #06

Secara intuitif, kami menyebutnya ‘phototropic’— yang artinya peka terhadap cahaya, tingkat kecerahan, dan yang penting adalah kontras. Sebagai tambahan, banyak informasi visual yang tidak berorientasi pada bidang kerja dapat diperoleh dari permukaan vertikal. Melihat realita ini, cukup logis untuk mengarahkan cahaya pada permukaan vertikal dengan tujuan menegaskan wujud ruang yang kita tempati. Bagaimanapun, kenyataannya mayoritas pencahayaan listrik pada interior dan eksterior, sebagian besar diarahkan downwards terhadap permukaan horizontal— dalam hal ini meja atau lantai.

Cahaya yang diteruskan melalui refleksi ‘pembungkus’ ruang memiliki manfaat utama sebagai pemersatu sumber cahaya, penghuni, dan tata ruang di sekitarnya. Sebagai sebuah pengalaman visual, ruang yang diterangi dengan cara ini terasa terang dan nyaman.

FUSE #06 2

Pencahayaaan pada bidang vertikal dapat menentukan respons positif atau negatif terhadap ruang. Sejak dulu, gagasan menggunakan pantulan cahaya dinding sebagai ‘area sumber cahaya’ tidak mendapat atensi penuh. Namun belakangan ini hal tersebut sudah mulai diperhitungkan ke dalam proses perencanaan, baik pencahayaan maupun secara visual. Kehadiran cahaya digunakan sebagai salah satu cara untuk mendefinisikan ruang, bentuk, dan menciptakan batasan-batasan. Dalam skala besar, seperti kompleks bangunan, teknik ini digunakan sebagai penunjuk arah sementara tanpa lampu tambahan, cahaya yang dihasilkan pun cukup untuk menerangi ­­area sirkulasi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang FUSE #06 selengkapnya dapat disimak dalam Indesign Indonesia Vol. 06 2013. Untuk berlangganan atau membeli back issue dapat mengirimkan email ke indesign.indonesia@mpgmedia.co.id.