Local Design Competition - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

Local Design Competition

Tahun ini, PT Propan Raya kembali berkontribusi secara aktif dalam pengembangan desain arsitektur nusantara. Dibuktikan dengan peluncuran kembali Sayembara Desain Arsitektur Nusantara 3 – 2015 sebagai trilogi Sayembara Arsitektur Nusantara.



BY Editor

27 August, 2015


Tahun ini, PT Propan Raya kembali berkontribusi secara aktif dalam pengembangan desain arsitektur nusantara. Dibuktikan dengan peluncuran kembali Sayembara Desain Arsitektur Nusantara 3 – 2015 sebagai trilogi Sayembara Arsitektur Nusantara. Kali ini Propan mengangkat tema “Desain Bandar Udara Nusantara”. Sayembara ini diselenggarakan oleh PT Propan Raya dan Kementerian Perhubungan RI bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata RI dan Badan Ekonomi Kreatif RI serta didukung penuh oleh IAI (Ikatan Arsitek Indonesia), HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia), INIAS Resourse Center, GBCI (Green Building Indonesia), dan Rumah Asuh.
“Masuknya tren arsitektur dunia barat yang banyak digandrungi generasi sekarang akan memperparah kondisi tersebut. Salah satunya melalui tren bangunan terminal penumpang bandar udara yang kini hampir sebagian besar bangunan tersebut mempunyai bentuk dan tipologi arsitektur yang belum berkarakter Indonesia, yang seyogyanya tidak akan arif dan kontekstual terhadap budaya, kondisi iklim, dan kualitas lingkungan setempat,” kata Yori Antar, Ketua Dewan Juri Sayembara Arsitektur Nusantara 3 di JCC, Jumat (21/8/2015).

propan 2

Dalam rangka meningkatkan potensi pariwisata di Indonesia, desain bandara yang memenangkan sayembara akan diwujudkan di Bandar Udara Mali, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Menteri Pariwisata Bapak Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc, mengatakan langkah melestarikan dan mengembangkan desain Arsitektur Nusantara tidak hanya sebagai upaya menjaga kearifan budaya lokal, “Sayembara ini juga akan melahirkan ikon-ikon desain bangunan dan infrastruktur lingkungan yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia,” paparnya.