SCG AT ARCHITECT FAIR 2014 - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

SCG AT ARCHITECT FAIR 2014

PERHELATAN ARCHITECT FAIR DI IMPACT MUANG THONG TANI, BANGKOK, THAILAND MENJADI SALAH SATU MOMENTUM BAGI SIAM CEMENT GROUP DALAM MERAYAKAN 100 TAHUN EKSISTENSI DALAM BISNIS SEMEN DAN BAHAN BANGUNAN DI ASIA.



BY Editor

15 August, 2014


Pameran yang diselenggarakan pada tanggal 29 April hingga 4 Mei 2014 ini merupakan pameran teknologi bangunan yang diselenggarakan oleh The Association Siamese Architect (ASA) dan gaungnya telah menarik perhatian arsitek dan pelaku bisnis untuk datang ke pameran ini. SCG selaku salah satu perusahaan bahan bangunan terbesar di Thailand ikut serta dalam perhelatan internasional ini dan menghadirkan paviliun yang sangat lengkap untuk memberikan informasi lengkap kepada public tentang pencapaian, komitmen, dan kualitas produk SCG.

Dalam konferensi pers di SCG Pavilion, Direktur Brand SCG Cement- Building Material Anuvat Chalermchai menyampaikan upaya SCG untuk membaca tren yang berkembang sekarang dan masa mendatang. Konsep Universal Desain mereka usung sebagai payung besar yang menaungi inisiasi SCG untuk memrediksi empat tipe tren yang akan berkembang di masa mendatang. Kata “universal” menjadi wujud kesadaran untuk peduli kepada anak-anak, ibu hamil, orang cacat fisik, atau orang tua lanjut usia. Seperti “elderly solution” yang membantu konsumen untuk menyadari pentingnya desain yang peduli sehingga semua bagian dari bangunan akan mudah diakses dan digunakan.

SCG mendefinisi kecenderungan tren yang juga dibedakan berdasarkan selera, kebiasaan, dan karakter personal. Empat kategori tren yang dikembangkan oleh SCG adalah urbaneast, lullaby, experiment dan reVALs. Keempatnya memiliki definisi berdasarkan selera, semangat, dan karakter setiap orang yang kemudian didefinisikan secara kualitas desain. Urbaneast berarti nuansa kemewahan kaum urban yang memiliki sentuhan filosofi oriental. Lullaby adalah keceriaan dan atraktif, tetapi bisa juga muncul dalam desain sebagai ekspresi keramahan. Experiment mengombinasikan pemikiran ilmiah dalam pendekatan interpersonal yang cerdas, sementara ReVALs merupakan definisi baru di dunia desain bagi generasi muda yang penuh semangat, inspirasi, kreativitas, dan memiliki tanggung jawab sosial.

Keempat tren ini kemudian dimasukkan dalam sebuah program agar para pengunjung bisa memilih dan mengetahui mereka masuk ke dalam kategori apa. Selama konferensi pers, hasil definisi oleh program tersebut bisa ditukarkan dengan mocktail yang sesuai dengan karakter. Selain itu, semua tren diwujudkan dalam intepretasi desain kamar mandi yang dipamerkan dalam paviliun.

Konsep Universal Design yang dijabarkan dalam desain paviliun SCG di Architect Fair ini juga memamerkan beragam solusi desain untuk masa depan. Seperti Eldercare Solution yang berangkat dari riset dan upaya mempelajari ruang gerang orang berusia lanjut. Melalui desain yang ramah bagi mereka, kemandirian bisa didukung dengan kesinambungan dan keamanan. Dalam pameran kali ini mock up kamar mandi dengan set up lengkap memberikan gambaran yang jelas untuk orang berusia lanjut atau pengguna kursi roda.

Kepedulian pada energi diwujudkan pada The NEST, rumah pertama di ASEAN yang menggunaka energi plus yang ideal untuk iklim tropis. SCG di sini mengombinasikan teknologi smart, eco, dan care dalam penerapan teknologi balance sehingga dari rumah energi ini bisa dimanfaatkan sepenuhnya. Selain itu, SCG juga mengembangkan teknik konstruksi yang lebih praktis agar bangunan juga menjadi lebih ramah terhadap lingkungan. Seluruh produk di bawah naungan SCG dipamerkan di dalam paviliun dan ditampilkan dengan lebih atraktif. Beberapa bagian dari paviliun menghadirkan detail dan bagian dari produk tersebut sehingga paparan dan display dalam paviliun SCG ini mampu memberikan pengalaman berbeda dan lebih informatif. [Teks: SS]

scg.co.th