A BEACON OF KNOWLEDGE - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

A BEACON OF KNOWLEDGE

Selayaknya menara suar menarik kapal, Kalbis Institute menggugah atensi lewat transparansi desain fasade yang menyorot dinamika pembelajaran di dalamnya



BY Editor

15 August, 2014


Teks: Anindia Karlinda Fotografi: Yosi Wyoso Web Editor: Anindia Karlinda

Seberapa besar peran edukasi dalam hidup ini? Sebesar pengaruhnya dalam menentukan masa depan. Sudah selayaknya institusi pendidikan menjadi suatu fokus perhatian untuk dikembangkan, terutama ketika membicarakan dampak dari pendidikan itu sendiri pada kepribadian dan pembawaan diri seseorang.

Kalbis Institute, sebuah perguruan tinggi swasta di daerah Jakarta Timur, mengindahkan gagasan tersebut; luasnya pengaruh edukasi dalam aspek kehidupan mendorong perancangan “education for a better life” sebagai moto yang melandasi usaha mereka dalam mengembangkan dan mewujudkan sistem edukasi terbaik. Tidak berhenti di sana, Kalbis Institute juga mengedepankan pembangunan fasilitas pendidikan yang mampu mengakomodasi segala macam kebutuhan dan aktivitas pembelajaran, salah satu yang menjadi fokus, bangunan gedung sekolah.

kalbis 1

Mengambil bentuk dua tower dengan 8 lantai pada masing-masing bangunan, perguruan tinggi yang terletak di Jalan Pulomas Selatan Kav. 22 Jakarta Timur ini mengadaptasi kualitas “keterbukaan” dan “penerangan” yang memberi kesegaran, pada desain interior dan eksterior bangunannya, salah satunya ketersediaan akses untuk saling berinteraksi antarmahasiswa, melintasi batasan lantai dan tempat, baik indoor maupun outdoor.

Darryl yamamoto, selaku arsitek utama DyXy Architecture + Interior yang menangani proyek ini mengungkapkan, “Sejak awal proyek kami bermaksud menciptakan konsep institusional yang lebih terbuka, transparan, dan penuh cahaya.” Harapan utama dari pihak desainer adalah menghadirkan lingkungan yang dinamis dan kolaboratif yang menginspirasi pelajar untuk menekuni studi mereka dengan penuh semangat.

Dengan dilatari sejumlah universitas dan bangunan komersial di sepanjang jalan raya utara hingga selatan, kanopi atap yang menyertai fasade bangunan sisi barat yang transparan membuat keseluruhan profil bangunan yang menghadap jalan tol terlihat selayaknya papan reklame. Seperti fungsi mercusuar yang menyiarkan lampunya untuk memberi sinyal lokasi atau “keberadaan”, fitur pada atap ini dibuat semenarik mungkin untuk mengundang dan menarik kesadaran publik akan bangunan Kalbis Institute, khususnya mereka yang melewati jalan tol Pulomas.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang A Beacon of Knowledge selengkapnya dapat disimak dalam Indesign Indonesia Vol. 09 2014. Untuk berlangganan atau membeli back issue dapat mengirimkan email ke indesign.indonesia@mpgmedia.co.id.