ARTSY STAY - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

ARTSY STAY

Sebagai kota metropolitan kedua terbesar di Indonesia, pembangunan di kota Bung Tomo ini terasa sangat signifikan pengerjaannya.



BY Editor

12 June, 2014


Sebagai kota metropolitan kedua terbesar di Indonesia, pembangunan di kota Bung Tomo ini terasa sangat signifikan pengerjaannya. Berbagai macam proyek bangunan, area superblock sertabusiness districts telah terbangun satu demi satu. Bak ibu kota, Surabaya mulai kebanjiran berbagai macam pendatang. Dengan fenomena pertumbuhan kota seperti sekarang, bisa dibayangkan banyaknya jumlah pelaku bisnis yang datang menggelaratau menghadiri MICE (Meeting, Incentive, Convention& Exhibition).

Pada akhirnya hal ini memunculkan kebutuhan akan ruang tinggal sementara, yang diharapkan nyaman layaknya hunian pribadi kita. Meningkatnya kebutuhan akomodasi ini, kemudian dibaca sebagai celah investasi bisnis yang menjanjikan. Membuat persaingan dalam bisnis perhotelan menjadi sangat ketat.

Di bawah naungan PT Graha Samara, Ar+otel Surabaya mencoba tampil unik dengan seruan ‘seni rupa kontemporer’ pada arsitekturnya.“Ide awalnya membuat bangunan hotel dengan ciri tersendiri, terutama karena banyak bermunculan fungsi serupa, di mana pada hotel sekelas ini (budget hotel), unsur artwork selalu dilupakan atau dihilangkan” jelas Aaron Purbo selaku arsitek Ar+otel Surabaya.

Dalam proses perancangannya, tim arsitek dan interior yang dibantu oleh pemilik serta branding consultant hotel, memutuskan untuk memperkuat konsep ‘seni’ melalui interior bangunan. Bentuk massa bangunan didesain tetap mengikuti sosok arsitektur kolonial. “Meski begitu, unsur penyatu karakter dan konsep Artotel harus dapat terlihat dari luar, berupa bagian interior yang akan muncul pada fasade,” jelas sang arsitek.

Aaron Purbo Architecture
Studio (62)21 72796816 Apa-studio.com

Selengkapnya mengenai Artsy Stay  dapat disimak dalam Indesign Indonesia Vol. 05 2013. Untuk berlangganan atau membeli back issue dapat mengirimkan email ke indesign.indonesia@mpgmedia.co.id.