BARE WARMTH - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

BARE WARMTH

Apa adanya tanpa harus mengecat banyak tembok atau menyembunyikan instalasi listrik, hampir semuanya polos, personal, dan hangat



BY Editor

27 June, 2014


Teks: Sunthy Sunowo Fotografi: Mohammad Nuhrizal Web Editor: Anindia Karlinda

Mungkin inilah salah satu kepuasan seorang arsitek ketika berhasil menjawab kebutuhan klien yang juga keluarganya sendiri. Pasti ada tantangan dan kesulitan tersendiri. Namun pemahaman dan kedekatan personal dengan klien, suami, dan dua orang anaknya membuat Mira Siregar berhasil menghadirkan formula yang paling pas. Rumah ini tidak hanya menjawab kebutuhan yang muncul dari gaya hidup pemilik dan penghuninya, tetapi juga sangat memperhatikan kebutuhan setiap individu yang tinggal di sini dengan sangat detail.

j house 1

Sejak awal Iwan dan Mira memang tidak menginginkan rumah yang sangat besar. Meskipun lahan mereka cukup lapang, tetapi bangunan rumah hanya menempati sebagian kecil dari keseluruhan luas tanah. Hal ini sesuai dengan ketentuan koefisien dasar bangunan (KDB) yang hanya memperbolehkan 20% saja digunakan untuk bangunan. Ketentuan ini juga memberikan keluarga ini hunian dengan “kemewahan” menikmati halaman terbuka di depan dan belakang.

Solusi ruang mereka pun juga terdefinisi kembali tanpa harus menjawab semuanya dengan sekat tembok. Seperti bangunan rumah yang diposisikan jauh dari pagar justru untuk membangun sebuah kualitas privasi yang cukup nyaman untuk keluarga dengan dua anak ini. Di ruang duduk yang juga bersebelahan dengan area dapur terbuka menjadi tempat ideal untuk berkumpul keluarga,saudara, dan teman dekat.Keterbukaa nruang ke halaman depan dan belakang memberikan kesan lapang, seperti penerjemahan teras yang kemudian diperluas dengan tambahan fungsi-fungsi lain yang memungkinkan, seperti dapur dan ruang tamu.

j house 2

Sejak awal juga Mira merencanakan bangunan yang tidak harus banyak menyingkirkan pohon-pohon eksisting. Kesannya bangunan kemudian menyelip di antara pohon-pohon yang ada dan kemudian bernapas dengan nyaman ketika desain yang simpel dan tata ruang yang sederhana pula dirancang dengan bukaan pintu atau jendela yang cukup besar sehingga udara bisa mengalir.

Meskipun hunian ini dirancang cukup compact, Mira Siregar tidak meninggalkan detail-detail kecil yang akan memperkaya pengalaman siapa pun yang datang berkunjung atau bahkan untuk semua penghuni rumah ini sendiri. Instalasi listrik yang sengaja dicat merah dipasang sangat rapi dan diekspos berujung pada kabel menjuntai dan bola lampu bulat. Selain itu terdapat pasangan potongan kaca miring untuk mengisi ventilasi ruang duduk dan dapur.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Bare Warmth selengkapnya dapat disimak dalam Indesign Indonesia Vol. 07 2013. Untuk berlangganan atau membeli back issue dapat mengirimkan email ke indesign.indonesia@mpgmedia.co.id.