Electic Adoption - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

Electic Adoption

Ketika menapakkan kaki ke Kota Yogyakarta, suasana asli daratan Jawa ini masih tetap terasa. Bagi Jalan urip Sumoharjo, Yogyakarta, kehirukpikukkan bukanlah hal baru.



BY Editor

12 June, 2014


Ketika menapakkan kaki ke Kota Yogyakarta, suasana asli daratan Jawa ini masih tetap terasa. Bagi Jalan urip Sumoharjo, Yogyakarta, kehirukpikukkan bukanlah hal baru.

Grand Aston 2

Tidak heran, karena sejak dulu, daerah tersebut merupakan salah satu pusat perdagangan. Kawasan usaha sering identik dengan ruko (rumah toko) yang notabene memiliki kepadatan antar bangunan yang juga tinggi. Bagaimana dengan keadaan di Yogyakarta? Mungkin selain dari lahan yang terbatas, problematika sebenarnya, yaitu kontekstualitas terhadap budaya setempat. Inilah yang coba dijawab oleh Grand Aston Yogyakarta. Bangunan Hotel Grand Aston Yogyakarta pun turut memberi suaranya pada keramaian jalan tersebut. ‘Berteriak’ dengan anggun.

Grand Aston 1

Kelokalan di era modern ini bukan berarti mengambil bentuk arsitektur bangunan Joglo yang menjadi arsitektur khas Jawa, melainkan memilih untuk menstilasi salah satu corak batik sebagai identitas ‘modernitas’- nya. Hasil stilasi kelokalan yang diambil, hampir terpampang jelas pada selubung bangunan. Yang menarik adalah corak batik yang menutupi hampir sebagian besar fasade bangunan sesungguhnya tidak murni merupakan corak batik. Walau terlihat hanya sekadar menggambarkan kelokalan Yogyakarta pada simbolisasi motif batik saja, proyek yang dikerjakan oleh konsultan ternama, Hadiprana, kemudian memaparkan bahwa segala budaya mulai dari seni hingga masyarakatnya turut dimasukkan ke dalam hotel bintang empat ini..

Grand Aston 3

“Eklektik kontemporer merupakan gaya desain yang kami terap kan,” ujar Farid MS. Masdoeki, selaku arsitek prinsipal dari Hadiprana. Di dalamnya, hotel dengan 140 kamar ini tiap ruangnya dirancang dengan eksklusif. Kamar tidur yang disewakan pun hadir dengan variasi interior bertema oriental, tradisional, dan western dengan beragam ukuran ruang. Luas minimal ruang tidurnya adalah 28 m2. Tiap kamar dilengkapi fasilitas seperti LCD TV, minibar gratis, serta fasilitas ­in room dining.