ELEGANTLY STATED - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

ELEGANTLY STATED

Desain hunian tidak serta merta hanya menjawab kebutuhan, tetapi juga menghadirkan kualitas yang seharusnya ikut memperkaya hidup



BY Editor

27 June, 2014


 Teks: Sunthy Sunowo Fotografi: Hubert Januar Web Editor: Anindia Karlinda

Lokasi rumah yang berada di pinggir jalan provinsi dengan frekuensi kendaraan yang sangat tinggi memberikan tantangan tersendiri dan respons khusus oleh desain agar mampu memberikan kenyamanan lebih dari yang diharapkan oleh penghuni rumah.

Lahan seluas 2.500 m2 ini memberikan ruang yang cukup untuk mewujudkan kolaborasi yang lebih intens antara arsitek dan desainer lanskap. Alex Bayu Saputro sebagai arsitek berhasil mengomunikasikan desain arsitekturnya kepada desainer lanskap yang kemudian mendukung desainnya sebagai sebuah kombinasi yang harmonis. Berbagai pendekatan harus dilakukan dalam rancangan hunian ini karena terdapat kompleksitas baik dari fungsi, tuntutan kualitas, dan tampilan rumah.

rumah surabaya 1

Secara garis besar, bangunan rumah di lahan ini mendapat dukungan dari area taman di depan, area taman di belakang, dan roof garden. Ketika arsitektur hadir dengan taman juga kemudian ikut menyelaraskan diri dengan pilihan vegetasi baik lokal maupun nonlokal untuk membangun kualitas ruang yang menjadi tahapan prosesi beralih dari luar ke dalam rumah.

Seperti yang terlihat dari depan, muka bangunan rumah lebih cenderung tertutup dan sangat berorientasi ke dalam ruang. Bangunan bahkan sengaja ditarik mundur lebih jauh dari batas GSB untuk mewujudkan jarak yang cukup agar kebisingan jalan raya dan debunya bisa diminimalisir. Area tersebut kemudian bisa dimanfaatkan sebagai area taman dan drop off.

Penataan yang teratur dan berjarak sama diaplikasikan pada tata vegetasi di area taman depan. Keseimbangan yang ingin diwujudkan juga memanfaatkan karakter pohon dan batang dari berbagai jenis tanaman untuk kemudian membentuk komposisi yang berimbang dan mendukung desain muka bangunan dan area pintu masuk yang menjadi fokus perhatian di area ini.

Hunian ini memang memiliki gaya desain modern bila dilihat dari bentuk massanya yang berkesan geometris dan seakan terdiri dari berbagai layer bidang dengan komposisi material, dan solid-void yang menghasilkan bangunan dengan pengolahan bayangan yang menarik. Detail-detail seperti kanopi dan tritisan pada jendela dan pintu menjadi solusi desain yang memperhatikan iklim tropis yang sesekali turun hujan. Muka bangunan tidak terlalu banyak menggunakan material yang menyimpan debu, impresi simpel memudahkan perawatan bangunan ketika posisi rumah berpotensi menghadirkan banyak debu dari jalan raya.

Di tangan arsitek Alex Bayu Saputra (Genius Loci), desain bangunan modern tidak dibiarkan terus menjadi modern dengan tatanan interior dan pernik ruang yang modern juga. Alex selalu berupaya mendobrak kebosanan dengan menghadirkan hal-hal yang terlihat saling bertolak belakang. Tetapi dengan penempatan yang cermat, mereka justru saling melengkapi dan membawa pengaruh positif pada nuansa ruang.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Canvas For Artwork selengkapnya dapat disimak dalam Indesign Indonesia Vol. 06 2013. Untuk berlangganan atau membeli back issue dapat mengirimkan email ke indesign.indonesia@mpgmedia.co.id.