MESSENGER OF EXCELLENCY - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

MESSENGER OF EXCELLENCY

Sekolah tidak lagi sebatas tempat menimba ilmu, tetapi juga sumber inspirasi yang membentuk karakter pelajarnya, MSC School di Surabaya mengantar pesan ini dalam sebuah dialog “arsitektural”



BY Editor

15 August, 2014


Teks: Anindia Karlinda Fotografi: Samuel A. Budiono Web Editor: Anindia Karlinda

Banyaknya pilihan sekolah menjadikan faktor fungsi dan estetika bangunan sebagai bahan pertimbangan umum bagi para orangtua sebelum mendaftarkan putra-putri mereka. Sebuah sekolah swasta di Surabaya, MSC School, memunculkan pertimbangan lain yang tidak terbatas pada faktor eksternal, yaitu orientasi visi yang dituju. Samuel A. Budiono, M.Arch, BSAS, IAI selaku pendiri dan arsitek utama dari SAMUEL A. BuDIONO & ASSOCIATES yang menangani proyek ini memaparkan, “Visi perancangan bangunan ini selaras dengan keinginan untuk membangun suatu generasi muda unggul dan bermutu tinggi tidak hanya dari segi intelektual, tetapi juga emosional dan spiritual.”

msc 1

Translasi pesan ke dalam desain arsitektur secara khusus diusung oleh MSC School. “Desain sekolah ini didasari suatu ekspresi yang memiliki arti dan memberikan suatu statement dari bentuk yang diciptakan sehingga tidak semata-mata faktor estetis dan fungsi saja tetapi mengutamakan ‘pesan’ melalui arsitektur yang berdialog, ” ungkap Budiono.

Pesan yang menyuarakan visi “Spirit of eXcellence” diterapkan melalui massing fasade bangunan dalam bentuk secondary skin menggunakan bahan aluminium wire mesh, yang ditekuk dan dilipat membentuk huruf X. Berangkat dari pemikiran bahwa benih yang ditanam di atas lahan baik akan berakar, tumbuh, bertunas, dan berbuah hingga memberi dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya, Budiono memilih perpustakaan yang berfungsi sebagai salah satu sumber wawasan untuk menyampaikannya. “Konsep bangunan sekolah dimulai dari perpustakaan sebagai suatu ‘embryo’ di mana ilmu pengetahuan dilambangkan sebagai benih yang baik untuk dipupuk dan dikembangkan,” ungkapnya.

Gambaran akan karakter pelajar yang hendak diwujudkan, di sisi lain, terekspresikan melalui desain ruangan Auditorium yang berbentuk diamond. “Berlian sebagai lambang permata terbaik dalam menampilkan cahaya yang berkilauan, menjadi metafora dari bakat- bakat yang diasah hingga mampu tampil ke dunia luar dengan pesona bintang,” ujar Budiono. Sebagai sarana pengembangan talenta anak-anak muda dalam bidang seni, drama, tari, dan musik, auditorium berkapasitas 700 orang ini dirancang dalam bentuk berlian untuk pencapaian akustik yang sempurna.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Messenger of Excellency selengkapnya dapat disimak dalam Indesign Indonesia Vol. 09 2014. Untuk berlangganan atau membeli back issue dapat mengirimkan email ke indesign.indonesia@mpgmedia.co.id.