MODEST THROUGH SPACE - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

MODEST THROUGH SPACE

Bekerja tak melulu harus berada di sebuah gedung pencakar langit di pusat kota. ARA Studio membuktikannya.



BY Editor

12 June, 2014


Bekerja tak melulu harus berada di sebuah gedung pencakar langit di pusat kota. ARA Studio membuktikannya. Dari ruang yang berada menyatu dengan sebuah hunian di lingkungan bersahaja inilah ARA-Studio yang digawangi oleh Hermawan Dasmanto dan Erel Hadimuljono, melahirkan karya-karya besarnya.

modest 1

Menggabungkan fungsi hunian dengan studio untuk bekerja mendatangkan manfaat juga kerugian apabila tidak dikelola dengan baik. Waktu yang biasanya banyak dihabiskan dalam perjalanan menuju dan pulang dari kantor dapat dipangkas. Namun suasana bekerja yang nyaman layaknya beraktivitas di dalam rumah kadang dapat melenakan.

Ide tersebut berasal dari pemilik rumah, Iwan, sapaan akrab Hermawan Dasmanto, yang menginginkan adanya sebuah studio sebagai ruang kerja dan berekspresi. Secara gamblang, sang arsitek menuturkan bahwa fokus perombakan ini terletak pada anggaran. Setiap material dan detail dipilih dengan hati-hati agar anggaran tidak membengkak. Maka tak perlu dipertanyakan kembali, mengapa begitu banyak dijumpai material yang tampil apa adanya di rumah ini, seperti batako, besi, kayu, kerawang, dan beton.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Modest Through Space  selengkapnya dapat disimak dalam Indesign Indonesia Vol. 05 2013. Untuk berlangganan atau membeli back issue dapat mengirimkan email keindesign.indonesia@mpgmedia.co.id.