MORE THAN CONTEXT - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

MORE THAN CONTEXT

Lebih dari sekaar respons terhadap sebuah konteks, bangunan ini justru bicara soal adaptasi dan ambisi



BY Editor

19 July, 2014


Indonesia memang dikenal dengan kekayaan rempah-rempahnya. Jika mendengar rempah kayu manis, sudah pasti terbayang harumnya yang khas. Semua bermula dari salah seorang pebisnis kayu manis, Patrick Barthelemy, yang berkeinginan membangun sebuah pusat pelatihan bagi para petani kayu manis, lalu ia menghubungi konsultan arsitektur asal Norwegia, TYIN Tegnestue. Barthelemy menyampaikan cerita tentang konsumsi kayu manis di seluruh dunia hampir 85% diproduksi di Indonesia. Ia juga punya perhatian lebih terhadap kondisi pekerja yang setiap harinya bekerja sangat lama di pabrik-pabrik yang bangunannya tidak aman dan tidak sehat. Oleh karenanya Barthelemy berkeinginan membangun sebuah pusat pelatihan sekaligus sekolah bagi para petani kayu manis di Jambi.

Sembilan dari sebelas desainer kemudian menetap di lokasi proyek untuk belajar dan memahami arsitektur lokal, mengumpulkan beragam informasi serta material yang relevan, melakukan brainstorming, dan tentunya mulai melakukan perancangan awal. Selama ini mereka telah banyak mengerjakan proyek yang menitikberatkan kepada bidang kemanusiaan di beberapa negara. Pemikiran utama mereka terletak pada proses adaptasi pada berbagai situasi dan dapat diimplementasikan di mana saja. Hal ini pun diterapkan pada proyek Casia Co-op Training Centre.

more than just context 1

Ide di balik proyek ini adalah sebuah konsep klasik dari sebuah konstruksi kayu yang disambungkan pada fondasi bata dan beton, yang mana merupakan sebuah strategi desain untuk dapat merespons salah satu bencana alam yang dapat sewaktu-waktu terjadi, gempa bumi. Hal lain yang menjadi pertimbangan desain adalah penggunaan material lokal yaitu bata merah buatan setempat serta batang pohon kayu manis di hampir se- luruh bangunan. Penggunaan kayu pada proyek ini mulai dari konstruksi utama hingga produk interior berasal dari batang-batang pohon kayu manis sisa hasil produksi

Dengan pendekatan desain yang sederhana dan pragmatis, proyek Casia Co-op Training Center ini dapat terbangun walaupun tidak menggunakan tenaga kerja profesional. Pusat pelatihan ini menjadi proyek penuh ambisi untuk menetapkan standar yang jauh lebih baik dalam hal etika bekerja. Dan yang terpenting adalah memberikan apa yang petani serta pekerja butuhkan, bayaran yang layak, kesehatan yang terjamin, serta edukasi.

Teks: Nissa Maretta Fotografi: Pasi Aalto Web Editor: Anindia Karlinda

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang More Than Context selengkapnya dapat disimak dalam Indesign Indonesia Vol. 08 2014. Untuk berlangganan atau membeli back issue dapat mengirimkan email ke indesign.indonesia@mpgmedia.co.id.