ONE ENTICING ALTERNATIVE - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

ONE ENTICING ALTERNATIVE

Ampera Six Building memperluas definisi peran gedung kantor sebagai tempat bekerja, menjadi alternatif tempat berkumpul yang tak mungkin terlewatkan



BY Editor

15 August, 2014


Teks: Anindia Karlinda Fotografi: William Kalengkongan  Web Editor: Anindia Karlinda

Bagi penduduk kota besar, peran kantor dalam keseharian mungkin sudah sama besarnya dengan rumah hunian. Menyikapi perluasan peran ini, gedung-gedung perkantoran mulai mendapat perhatian khusus, baik dari segi desain maupun fungsi, untuk memenuhi kebutuhan para pekerjanya maupun masyarakat umum di sekitarnya.

Mengambil daerah Ampera, Jakarta Selatan, Mr. Jean-Christophe Blachere selaku salah satu pemilik Kreasi Meluas group, bekerja sama dengan Chrystalline Artchitect membangun Ampera Six Building. Klien membeli sebuah bangunan kantor yang kemudian direnovasi dengan menambah fasilitas gudang, gimnasium, ruang rapat, training room, dapur, hingga restoran dan rooftop garden yang dilengkapi jacuzzi, di atas lahan 2.000 m2. Bangunan yang terdiri dari dua lantai ini dimanfaatkan sebagai kantor pada lantai atas oleh Blachere yang bekerja dalam industri retail, salah satunya untuk brand ternama Make up for Ever, dan sebagai restoran pada lantai bawah.

ampera six building 1

Pemilihan tema desain bangunan disesuaikan dengan pertimbangan serius untuk pilihan material yang mampu memberi kemudahan dalam perawatan. Tema industrial pun dinilai mampu memberikan kemudahan tersebut, selain juga memberi sentuhan elegan pada ke- seluruhan tampilan.

Tanpa mengabaikan estetika, Ampera Six Building mengantisipasi posisi bangunan yang menghadap matahari barat lewat usaha shading, sambil memperjuangkan pencahayaan alami yang dibutuhkan untuk aktivitas di dalamnya. Usaha penyaringan sinar matahari barat untuk restoran pada lantai bawah, dilakukan hanya dengan memasang sebuah kanopi yang cukup lebar.

Selain berhasil mengakomodasi kebutuhan akan pencahayaan alami, lapisan tambahan pada lantai atas masih memungkinkan akses visual ke arah jalan lewat pengangkatan levelnya, sementara layer skin dibuat untuk memberi kesan melayang. Berbeda dengan lantai atas yang “terselimuti” lapisan tambahan hingga lebih tertutup dari luar, lantai 1 dibuat lebih terbuka dan transparan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang One Enticing Alternative selengkapnya dapat disimak dalam Indesign Indonesia Vol. 09 2014. Untuk berlangganan atau membeli back issue dapat mengirimkan email ke indesign.indonesia@mpgmedia.co.id.