ORGANIC SET UP - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

ORGANIC SET UP

Rumah memiliki makna beragam bagi pemilik sehingga membuat mereka menentukan batasan dan konsep yang terinspirasi dari akar tradisi dan budaya.



BY Editor

12 June, 2014


Rumah memiliki makna beragam bagi pemilik sehingga membuat mereka menentukan batasan dan konsep yang terinspirasi dari akar tradisi dan budaya.

RMH Eko Nugroho 3

 

Begitu juga dengan Eko Nugroho, seniman yang sangat produktif dan memiliki reputasi internasional ini membangun rumahnya dengan definisi meruang yang familier. Arsitek Eko Prawoto membantu merancang hunian dan studio ini berupaya mewujudkan keinginan pemilik.“Pada dasarnya saya tertarik karya Pak Eko Prawoto yang memang terbaik dan konsep karyanya bagi kami selalu membumi dan mengembalikan semuanya kepada alam,” jelasnya.

RMH Eko Nugroho 2

Sejak awal Eko Nugroho dan Mita Ratna Harjanti (istri) menginginkan rumah yang berdekatan dengan studio tempat bekerja dan tidak ingin memisahkan keduanya sebagai dua area yang berjarak. Oleh arsitek, keinginan mereka ini diwadahi dalam ruang-ruang yang dirancang untuk mengakomodasi melebar dan menyempitnya ruang kegiatan dalam dinamika kehidupan pemilik rumah dan keluarga sehingga berkesan organik.

“Kadang bisa terpisah-pisah tapi suatu saat bisa juga menjadi ruang besar terintegrasi. Pilihan untuk membuka atau menutup, memisah atau menghubungkan merupakan pilihan terbuka yang dimungkinkan lewat desain. Organik mungkin istilah yg tepat untuk menggambarkan ini,” jelas arsitek.

Rumah Eko Nugroho ini kemudian memiliki makna lebih dari hanya sebuah rumah tinggal. Pengejawantahan dinamika berkarya dengan produktif dan kehidupan yang terus menjaga keterkaitan dengan tradisi dan budaya ini ternyata membuka kreativitas dan keberanian menunjukkan karakter dengan desain rumah yang tidak seperti umumnya.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Organic Set Up selengkapnya dapat disimak dalam Indesign Indonesia Vol. 06 2013. Untuk berlangganan atau membeli back issue dapat mengirimkan email ke indesign.indonesia@mpgmedia.co.id.