SPIRAL QUEST - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

SPIRAL QUEST

Menikmati ruang ke ruang di hunian ini adalah satu perjalanan menerus seperti spiral yang kemudian mencapai pusatnya



BY Editor

15 August, 2014


Teks: Sunthy Sunowo Fotografi: Dok. Archimetric Web Editor: Anindia Karlinda

Alam memang seharusnya mendapatkan perhatian utama dalam setiap desain. Tidak hanya karena sebuah pemandangan indah yang dinikmati melalui bukaan jendela, tetapi juga merengkuhnya ke dalam desain dengan memberikan respon ramah pada lingkungan sekitar agar terwujud pula kualitas nyaman di dalam ruang- ruangnya. Hunian di pinggiran Kota Surabaya ini juga menghadapi dilema di antara melawan kondisi iklim yang panas dan kesadaran untuk merespon iklim tropis dengan ramah.

Terletak di atas lahan pojok seluas 464 m2, bangunan yang didominasi dinding warna putih ini dirancang dengan pertimbangan mendalam untuk mengakomodasi kaidah-kaidah desain bangunan di iklim tropis. Seperti bangunan yang disarankan untuk tetap tipis dan memanjang untuk memudahkan kontrol pencahayaan dan penghawaan. rumah pribadi milik keluarga Ivan Priatman ini kemudian menghadapi masalah dengan proporsi lebar dan panjang lahan yang sangat tidak memungkinkan kehadiran bangunan rumah yang tipis memanjang. Sebagai arsitek dari rumah keluarganya, Ivan tetap profesional menerapkan prinsip desain tropis

spiral house1

Eksplorasi yang kemudian dilakukan arsitek rumah ini membawa desain hunian ini menjadi runtutan sekuens menerus yang memiliki kualitas ruang-ruang yang menarik dan memberikan banyak kejutan desain. ruang ke ruang kemudian mulai tampil dengan kedalaman karakter yang terbentuk dari tekstur, material, dan motif pada pembentuk ruang. Konsep ‘spatial continuity’ di rumah ini kemudian tampil dari beragamnya fungsi dan karakter ruang yang tentu saja memberikan pengalaman yang beragam.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Spiral Quest selengkapnya dapat disimak dalam Indesign Indonesia Vol. 09 2014. Untuk berlangganan atau membeli back issue dapat mengirimkan email ke indesign.indonesia@mpgmedia.co.id.