THE ICONIC CATCH - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

THE ICONIC CATCH

Seperti sebuah cerita, Ize Hotel memberi prolog yang dapat dinikmati secara utuh dan memberi banyak kejutan lewat desain ruangnya



BY Editor

27 June, 2014


Teks: Nissa Maretta Fotografi: Ferry Ridwan, Courtesy of Studio Tonton Web Editor: Anindia Karlinda

Pulau Dewata kini semakin padat. Banyaknya bisnis restoran, kafe, dan tempat hiburan sepanjang jalan-jalan ternama di Kota Bali menimbulkan persaingan “panas” akan desain bangunan yang menarik agar mudah diingat dengan fungsi lebih dari sekadar pemuas kebutuhan. Bali masih menjadi kota yang kerap disinggahi. Dengan segala keeksotisan ruang-ruang barunya, daya tarik kota ini justru jauh dari kata pudar.

ize hotel web 1

Bagi pendatang, turis, ataupun sekadar pejalan kaki, padatnya pertokoan serta restoran yang memenuhi sepanjang Jalan Kerobokan seolah bercerita lewat beragam desain pada etalase depan sebuah toko atau restoran. Keuntungannya bila memang menarik, cerita rupa tersebut akan tersangkut di otak yang melihatnya. Sering kali badan jalan yang tidak terlalu lebar membuat jarak pandang ke arah bangunan tidak utuh sehingga tidak dikenali tanpa adanya papan nama. Hal itulah yang ingin dihindari oleh IZE Hotel.

ize hotel web 2

IZE Hotel pun memiliki “cerita”-nya sendiri, menyesuaikan diri akan konteks area sekitar, sebuah resto dan bar tampil sebagai area publik dua lantai yang dinaungi oleh kanopi berstruktur baja dengan bidang-bidang segitiga dari GRC board dicat berwar- na biru sebagai penutupnya. Terlihat mencolok dari kejauhan, mengundang rasa penasaran untuk segera singgah ke dalam restoran yang memang terbuka untuk publik. Pola bayangan yang dihasilkan oleh kanopi pun sangat menarik, berubah-ubah mengikuti sinar matahari.

Pengalaman ruang yang berbeda akan terasa ketika memasuki lobi hotel, terlihat bagaimana tim perancang membuat keterbatasan luas lahan justru menjadi sebuah kelebihan. Dari ruang tunggu dapat terlihat akses menuju private pool pada basement, hadirnya kolam renang pada lantai basement menaik- kan value ruang yang biasanya identik dengan suasa- na gelap dan pengap. Dinding yang berbatasan lang- sung dengan kolam renang pun dilapisi dengan panel stainless steel dan diberi kucuran air dari atas, melengkapi penyuasanaan ruang agar terasa lapang dan sejuk.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang The Iconic Change selengkapnya dapat disimak dalam Indesign Indonesia Vol. 07 2013. Untuk berlangganan atau membeli back issue dapat mengirimkan email ke indesign.indonesia@mpgmedia.co.id.