Francis Surjaseputra - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

Francis Surjaseputra

Francis Surjaseputra dan misinya menempatkan Indonesia dalam peta desain dunia



BY Editor

14 August, 2014


Teks: Bernadetta Tya  Web Editor: Anindia Karlinda

Mimpinya membawa Indonesia di bawah bendera desain mulai menampakkan pola yang 
jelas ketika Francis terpilih menjadi ketua HDII (Himpunan Desain Interior Indonesia) Jakarta periode 2013-2015. Semenjak itu, kiprahnya dalam organisasi desain melesat hingga ranah internasional. Sebut saja, Presiden APSDA (Asian Pacific Space Designer Alliance), Anggota Kehormatan 
CIDI (Consejo Iberoamenricano de Disenadores de Interiors) dan sempat ditunjuk sebagai Ketua Juri IDCS
DEA (Interior Design Confederation Singapore Design Excellence Awards) 2013-2014.

Bersama HDII, ia sedang giat mengampanyekan jargon “no free design no free pitching” dan menggodok sebuah ruu yang mengatur praktik desain interior menghadapi era pasar bebas 2015 sebagai proteksi bagi profesi desainer interior Indonesia, selain juga berkeliling sekolah-sekolah dan kampus-kampus di Indonesia untuk mengenalkan profesi desainer interior; penyelenggaraan pameran tahunan, seperti design.id dan Pasar Desain, dan pemberian penghargaan bagi produk dan desainer interior.

francis 1

Namun jauh sebelum itu, ketertarikannya pada dunia seni tumbuh sejak sang ayah kerap mengajaknya mengunjungi pameran lukisan di kota kelahirannya, Malang. Beruntung, Francis memiliki kesempatan untuk menempa minatnya di dua sekolah desain prestisius, Bath College of Higher Education di Inggris dan Parsons School of Art + Design di Paris. Sepulangnya ke Indonesia, ia mengawali kariernya dengan mendesain Center of The Art of Living, sebuah kawasan terpadu berkonsep ecoliving di Bali, sebelum bergabung dengan Atelier 6 Interior di tahun 1993.

Berada dan diperhitungkan dalam peta desain dunia memang bukan
hal yang mudah namun tidak pula mustahil. Nampak terbaca bahwa jalur diplomasi dengan aktif dalam berbagai asosiasi dan berkarya tanpa batas adalah jalan yang dipilih oleh seorang francis Surjaseputra.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Francis Surjaseputra selengkapnya dapat disimak dalam Indesign Indonesia Vol. 09 2014. Untuk berlangganan atau membeli back issue dapat mengirimkan email ke indesign.indonesia@mpgmedia.co.id.