Stanley Ruiz - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

Stanley Ruiz

Desainer Filipina, Stanley Ruiz, menemukan ekspresi kontemporer pada kerajinan dan material tradisional.



BY Editor

15 April, 2014


Seorang desainer transdisiplin, Stanley Ruiz, menggambarkan dirinya sebagai pengrajin serta desainer industrial. Koleksi New Organic menjadi bukti perseteruan antara barang buatan mesin dan buatan tangan. Aspek handmade dalam sebuah desain dan persimpangan antara bahan organik ( yang dimanipulasi dengan alat-alat dasar) serta material baja presisi menjadi dasar eksplorasinya.

Stanley Rui 1

Dualitas profesinya telah memberikan suara dalam lingkungan desain yang cenderung monoton dan membosankan. Ketika di New York,ia banyak turun ke produksi massal, merancang dibawah nama Estudio Ruiz untuk merek seperti Jonathan Adler, Indigo, dan Urban Outfitters. Secara paralel, praktik desain personalnya kian berkembang. Dari proyek-proyek personal, ia menemukan sebuah metode pendekatan yang lebih sensitif kepada tukang/pengrajin, baik di New York maupun di kampong halamannya, Filipina.

Inilah yang menjadi esensi dari perjalanan Ruiz sebagai desainer. Saat masih bermain musik di sebuah band punk awal tahun ‘90-an, ia telah mengembangkan minatnya dalam membuat instrument sendiri dengan pelat tembaga dan kuningan. Kepekaannya secara natural, membawanya ke dunia seni dan desain. Selagi menyelesaikan studi Fine Arts (jurusan Desain Industrial), Rulz, mulai membuat bejana/wadah serta lampu kerajinan tangan bersama para produsen “rumahan” di sebuah kota kecil di Filipina, menggunakan material bambu serta pohon kelapa. Bersama mereka, ia merancang dua koleksi kerajinan tangan masyarakatsetempat yang telah diperbarui sesuai potensi pasar, yang akhirnya diekspor ke luar negeri untuk menjadi bahan produksi dasar di Bali, Inggris, Jepang, dan Amerika Serikat.

Stanley Rui 2

Setelah hampir 10 tahun sukses bekerja sebagai desainer industrial di New York, Ruiz memutuskan untuk menciptakan sebuah outlet bagi proyek personalnya sambil tetap memantau kerjanya di ranah komersial. Membuat instalasi sesuai pesanan dan pameran adalah sebuah wadah artistik baginya untuk bereksperimen juga mengeksplorasi material. Pada 2010, ia membuat desain speaker yang dibungkus kayu gelondongan dan dipamerkan di New York pada ekshibisi Sounds Like, yang dikurasi oleh Joey Roth dari ICFF. Kemudian ia mengembangkan ulang karya tersebut dengan dilumuri bubur kertas dari kayu gelondongan. Ruiz berhasil mendapat banyak perhatian selama New York Design Week 2011, ketika ia mendemonstrasikan secara langsung pembuatan Rice Chair (sebuah kajian epidermis), kursi gabus yang diukir dilapis cairan getah karet yang dicampur dengan sekam padi (kulit ari padi). Tahun lalu, ia merancang instalasi penting untuk Manila FAME, The Float. Ruiz membuat ulang gerobak lembu yang menjadi ikon Filipina, lengkap dengan pedagang asongan yang membawa furnitur serta kerajinan lokal. Material baja yang ia gunakan adalah sebagai interpretasi ulang gerobak sapi, seolah “membawa” hasil desain sejak awal kariernya. Pameran karya pribadi Ruiz ini seolah memberi kehidupan dan ikon baru yang popular bagi rakyat, menggambarkan objek dengan bentuk, konsep dan konteks universal, juga melihatnya sebagai sesuatu yang unik untuk tiap individu yang merasa dan terlibat dalam setiap karyanya. Ruiz terus mendesain secara aktif di kedua negara, di New York dan Filipina. Ia terus mengembangkan lini untuk bejana dan lampu buatan tangan, juga keranjang tradisional Filipina yang dibuat dari porselen. Tak hanya itu, ia pun membuat jam dinding menggunakan material kayu ek solid dan kulit untuk talinya. Di Filipina, ia bekerja sama dengan sesama desainer dalam upaya melestarikan warisan negara dengan melibatkan pengrajin dan produsen lokal pada tiap koleksi, memberi semangat baru dalam desain kontemporer Filipina.

Stanley Rui 3

Potensi dalam pekerjaan Ruiz bermula dari simbiosis desainer industri dan proses teknis pengerjaan sebuah produk di mana pekerjaan para pengrajin tersebut dapat secara aktif membangkitkan semangat satu sama lain untuk dapat memproduksi sesuatu yang baru.

STANLEY RUI Z

Lahir : Filipina

TINGGAL  : New York

PROFESI :  Industrial Designer

PENDIDIK AN : Fine Arts, Jurusan Industrial Design

NAMA STUDIO : Estudio Ruiz

stanleyruiz.com

estudioruiz.org