Steve J. Manahampi - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

Steve J. Manahampi

Komitmennya dalam membangun pemahaman akan pentingnya keprofesian serta memasyarakatkan arsitektur



BY Editor

14 August, 2014


Teks: Nissa Maretta Web Editor: Anindia Karlinda

Gebrakannya lewat program- program yang dicanangkan untuk organisasi asosiasi profesi, Ikatan Arsitek Indonesia wilayah DKI Jakarta, membuat Steve J. Manahampi 
dikenal lebih dari sekadar praktisi arsitektur. “Saya selalu tertarik menyelesaikan masalah,” terang Steve. “Ini juga yang menjadi passion saya pada arsitektur, karena dalam desain arsitektur itu ‘kan 
selalu solving a problem,” tambahnya kepada tim Indesign ketika ditemui di kantornya yang belokasi di Kemang raya. Baginya, mendesain dan menjalankan organisasi memiliki persamaan yang bisa dibilang positif, mencari permasalahan—serta solusinya.

Keterlibatan awal Steve sebagai pengurus IAI Jakarta ialah menjadi anggota bidang keprofesian. Pada akhir tahun 2009, Steve pun dipercaya oleh Ahmad Djuhara (Ketua IAI Jakarta pada waktu itu) untuk diangkat menjadi wakil ketua I. Lalu berkat peran aktifnya, banyak rekan yang akhirnya merekomendasikannya untuk maju mencalonkan diri sebagai ketua IAI Jakarta. Salah satu yang terberat adalah mengembalikan fungsi dan peran nyata IAI sebagai asosiasi keprofesian. Ada banyak dilema yang dihadapi. 
Di antaranya, tentu legalitas aturan hukum profesi arsitek yang masih terus “digodok”, masih lemahnya sistem sertifikasi profesi arsitek di Indonesia. Hal lainnya yang juga berpengaruh adalah pengetahuan masyarakat luas akan profesi arsitek dan dunia arsitektur yang masih sangat beragam.

steve j manahampi 1

Sosialisasi menjadi penting, oleh karenanya salah satu cara Steve untuk lebih mengenalkan seluk beluk dunia arsitektur kepada masyarakat awam ialah lewat gelaran rutin Design week. “Design week adalah sebuah melting point bagi kebutuhan masyarakat dan para arsitek mengenai dunia seputar desain dan arsitektur,” jelas arsitek yang pernah menjadi prinsipal dari urbane Jakarta ini. Contoh program bagi para arsitek yang disinergikan ke dalam Design week adalah penataran keprofesian, workshop, dan seminar dari biro konsultan asing.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Steve J. Manahampi selengkapnya dapat disimak dalam Indesign Indonesia Vol. 09 2014. Untuk berlangganan atau membeli back issue dapat mengirimkan email ke indesign.indonesia@mpgmedia.co.id.