Gede Kresna - Indesignlive.co.idIndesignlive.co.id

Follow our Titles!

SUBSCRIBE

Gede Kresna

Pohon intaran yang meneduhkan dan banyak memiliki manfaat telah memberikan inspirasi kepada seorang Gede Kresna untuk setia pada pilihan dan kata hatinya



BY Editor

27 June, 2014


Teks: Sunthy Sunowo Web Editor: Anindia Karlinda

Pengalamanannya dalam Pohon intaran atau dikenal juga berarsitektur memberinya kesempatan untuk menjadi pengamat yang menemukan begitu banyak permasalahan di Pulau Bali. Tidak hanya dalam aspek desain dan tatanan, tetapi juga sosiokultural yang begitu kompleks. Satu hal yang ia percaya adalah memosisikan diri pada titik nol permasalahan agar bisa memberikan kontribusi positif dalam proses pencarian solusi.

Memutuskan untuk tinggal dan memulai aktivitasnya di Buleleng, ia mengoptimalkan potensi para pengrajin di sekitar rumah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan. Rumah, ruang kerja, dan sarana sosialisasi dengan alam dan lingkungan sekitar ini akan selalu menghasilkan cerita-cerita baru. Nama intaran kemudian menginspirasi seorang Gede Kresna untuk terus memberikan manfaat positif.

gede khresna web 1

Pohon yang memiliki banyak cabang dan daun yang rimbun ini menjadi peneduh dan banyak dimanfaatkan sebagai obat berbagai penyakit seperti diabetes dan penghilang plak gigi. Selain itu, pohon intaran dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati. Dengan solusi pestisida nabati ini jelasnya dapat meningkatkan kualitas makanan sehat dan nilai jual dari komoditas.

Langkah-langkah yang mengedukasi inilah yang terus dicoba oleh
Gede Kresna. Melalui arsitektur, ia mempelajari kearifan desain tradisional dan membuat mock up untuk pembelajaran. Ia juga mengumpulkan pengrajin untuk melakukan workshop dan eksplorasi dalam sebuah format universitas pengrajin Indonesia. Pengrajin kemudian diajak untuk lebih peka terhadap alam sekitar yang hasilnya bisa memperkaya wacana mereka dalam berkarya.

Di sinilah eksplorasi material lokal mulai banyak dilakukan dan menarik perhatian dari banyak akademisi dari luar negeri. Dari tanah, bambu, kayu, terakota, dan material alami lainnya terus dipelajari dan dieksplorasi. Hasilnya adalah kekayaan detail yang bisa diberikan oleh Gede Kresna
 pada proyek-proyek arsitektur yang dikerjakan. Selain memberikan kualitas estetika, hal ini juga merupakan proses edukasi untuk memperkenalkan potensi material lokal.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Gede Kresna selengkapnya dapat disimak dalam Indesign Indonesia Vol. 07 2013. Untuk berlangganan atau membeli back issue dapat mengirimkan email ke indesign.indonesia@mpgmedia.co.id.